Peraturan Bupati (PERBUP) tentang Mekanisme Pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Integratif
ABSTRAK:
bahwa akurasi dan validitas data sasaran peserta program
kesejahteraan sosial integratif sangat penting dalam upaya
meningkatkan efektivitas program penanggulangan
kemiskinan; bahwa untuk memberikan arah dan landasan hukum dalam
pemutakhiran data terpadu kesejahteraan sosial perlu
disusun mekanismenya; bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud
huruf a dan huruf b, maka perlu menetapkan Peraturan
Bupati tentang Mekanisme Pemutakhiran Data Terpadu
Kesejahteraan Sosial Integratif;
Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1950; Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006; Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009; Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009; Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011; Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2011; Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014; Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014; Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014; Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1986; Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016; Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017; Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2019; Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019; Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 102 Tahun 2019; Peraturan Menteri Sosial Nomor 3 Tahun 2021; Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 12 Tahun 2016; Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 15 Tahun 2020; Peraturan Bupati Tegal Nomor 82 Tahun 2021; Peraturan Bupati Tegal Nomor 85 Tahun 2021;
Di dalam Peraturan Bupati ini diatur tentang:
Bab I Ketentuan Umum
Bab II Pembentukan Tim Pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial
Bab III Mekanisme Pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial
Bab IV Peran dan Tanggung Jawab Perangkat Daerah
Bab V Pelaporan, Pembinaan dan Evaluasi
Bab VI Sanksi dan Penghargaan
Bab VII Pembiayaan
Bab VIII Penutup
CATATAN:
Peraturan Bupati (PERBUP) ini mulai berlaku pada tanggal 07 Juli 2022.
21 hlm
Peraturan Bupati (PERBUP) Kabupaten Empat Lawang Nomor 65 Tahun 2022
Peraturan Bupati (PERBUP) tentang Jaringan Informasi Geospasial Daerah Kabupaten Empat Lawang
ABSTRAK:
Dasar Pertimbangan Peraturan ini adalah untuk melaksanakan ketentuan Pasal 45 ayat (4) Undang- Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial serta ketentuan Pasal 4 ayat (1) huruf b dan ayat (3) Peraturan Presiden Nomor 27 tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional.
Dasar Hukum Peraturan ini adalah Pasal 18 ayat (6) UUD Tahun 1945; UU Nomor 1 Tahun 2007; UU Nomor 4 Tahun 2011; UU Nomor 23 Tahun 2014; Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2021; Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2014; Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2016; Peraturan Kepala Badan Informasi Geospasial Nomor 2 Tahun 2012; Peraturan Kepala Badan Informasi Geospasial Nomor 1 Tahun 2015; dan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2016.
Dalam Peraturan ini diatur mengenai ketentuan umum, penyelenggaraan, sistem dan prosedur pengelolaan data spasial, sumber daya, pembiayaan, ketentuan penutup.
CATATAN:
Peraturan Bupati (PERBUP) ini mulai berlaku pada tanggal 26 Oktober 2022.
13 hlm
Peraturan Bupati (PERBUP) Kabupaten Muara Enim Nomor 54 Tahun 2022
Peraturan Bupati (PERBUP) tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim
ABSTRAK:
Dalam rangka melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang secara komprehensif mengatur kewajiban badan / pejabat publik untuk memberikan akses informasi secara terbuka dan efisien kepada publik serta mewujudkan pelayanan cepat, tepat dan sederhana di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim, maka perlu didukung dengan data-data berupa informasi dan dokumentasi yang lengkap, akurat serta faktual. Untuk melaksanakan ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah perlu disusun Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim.
Dasar hukum peraturan ini adalah Pasal 18 ayat (6) UUD NRI Tahun 1945; UU Nomor 28 Tahun 1959; UU Nomor 11 Tahun 2008; UU Nomor 14 Tahun 2008; UU Nomor 23 Tahun 2014 sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan UU Nomor 1 Tahun 2022; PP Nomor 61 Tahun 2010; PERMENDAGRI Nomor 3 Tahun 2017; PERDA Nomor 2 Tahun 2016 sebagaimana telah diubah dengan PERDA Nomor 8 Tahun 2019.
Peraturan ini mengatur mengenai Ketentuan Umum, Akses Informasi dan Dokumentasi, Hak dan Kewajiban, Pejabat Pengalola Informasi dan Dokumentasi, Kelembagaan Pejabat Pengelola Informasi, Kelengkapan Pengelolaan Layanan Informasi dan Dokumentasi (PLID), Mekanisme Permohonan Informasi dan Dokumentasi, Pembinaan dan Pengendalian Penataan PLID, Keberatan dan Sengket Informasi, pendanaan, ketentuan penutup.
CATATAN:
Peraturan Bupati (PERBUP) ini mulai berlaku pada tanggal 02 September 2022.
16 hlm, Lampiran : 12 hlm
Peraturan Bupati (PERBUP) Kabupaten Gunungkidul Nomor 53 Tahun 2022
Peraturan Bupati (PERBUP) tentang Penyelenggaraan Persandian untuk Pengamanan Informasi
Pemerintah Daerah
ABSTRAK:
Bahwa untuk melaksanakan ketentuan pasal 12 ayat (2)
Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor 11 Tahun
2019 tentang Pengelolaan Teknologi Informasi dan
Komunikasi perlu menetapkan Peraturan Bupati Tentang
Penyelenggaraan Persandian untuk Pengamanan Informasi
Pemerintah Daerah
Dasar Hukum peraturan ini adalah: Undang-Undang Nomor 15 Tahun 1950, Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 sebagaimana telah
diubah dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 sebagaimana
telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun
2016, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 sebagaimana
telah diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 1
Tahun 2022, Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1950, Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2000 sebagaimana telah
diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun
2021, Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010, Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012, Peraturan Presiden Nomor 28 Tahun 2021, Peraturan Kepala Lembaga Sandi Negara Nomor 10
Tahun 2012, Peraturan Badan Siber dan Sandi Negara Nomor 10
Tahun 2019, Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor 6
Tahun 2016, Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor 11
Tahun 2019.
Materi Pokok: Penyusunan Kebijakan Pengamanan Informasi, Pengelolaan Sumber Daya Keamanan Informasi, Pengamanan Sistem Elektronik dan Pengamanan Informasi Nonelektronik, Penyediaan Layanan Keamanan Informasi, Pemantauan, evaluasi, dan Pelaporan, Pembiayaan.
CATATAN:
Peraturan Bupati (PERBUP) ini mulai berlaku pada tanggal 04 Agustus 2022.
Jumlah halaman: 13 HLM
Peraturan Bupati (PERBUP) Kabupaten Klaten Nomor 51 Tahun 2022
Peraturan Bupati (PERBUP) tentang Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) di Kabupaten Klaten
ABSTRAK:
bahwa dalam rangka mewujudkan komitmen
Pemerintah Kabupaten Klaten menjadi Kabupaten Layak
Anak dan memenuhi hak-hak anak untuk hidup,
tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal
sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan,
mendapat perlindungan dari kekerasan dan
diskriminasi, maka perlu menyediakan fasilitas Pusat
Informasi Sahabat Anak (PISA); bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana
dimaksud pada huruf a, perlu menetapkan Peraturan
Bupati tentang Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) di
Kabupaten Klaten;
Pasal 18 ayat (6) Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945; Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1950; Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002; Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003; Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2012; Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014; Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014; Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016; Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan Nomor 02 Tahun 2009; Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 5 Tahun 2009; Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 10 Tahun 2011; Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 12 Tahun 2011; Peraturan Daerah Kabupaten Klaten Nomor 8 Tahun
2016; Peraturan Bupati Klaten Nomor 36 Tahun 2016; Peraturan Bupati Klaten Nomor 57 Tahun 2021;
Di dalam Peraturan Bupati ini diatur tentang:
Bab I Ketentuan Umum
Bab II Maksud dan Tujuan PISA
Bab III Kedudukan, Tugas dan Fungsi
Bab IV Pendirian dan Pengelolaan PISA
Bab V Larangan
Bab VI Evaluasi
Bab VII Pembiayaan
Bab VIII Penutup
CATATAN:
Peraturan Bupati (PERBUP) ini mulai berlaku pada tanggal 06 Oktober 2022.
9 hlm
Peraturan Bupati (PERBUP) Kabupaten Konawe Selatan Nomor 51 Tahun 2022
Peraturan Bupati (PERBUP) NO. 51, Berita Daerah Kabupaten Konawe Selatan Tahun 2022 Nomor : 51
Peraturan Bupati (PERBUP) tentang Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Di Kabupaten Konawe Selatan
ABSTRAK:
a. bahwa
selain
sebagai
tempat membaca, perpustakaan
juga
dapat
dimanfaatkan
sebagai
pusat
atau tempat
pelaksanaan
kegiatan
pemberdayaan
masyarakat
yang
dapat
memfasilitasi
pelatihan
aneka
keterampilan
dan kecakapan
hidup
berbasis literasi informasi
terapan
melalui penyediaan
buku,
pemanfaatan
teknologi
informasi
dan komunikasi.
b.
bahwauntuk
meningkatkan
kualitas
layanan
perpustakaan,
dengan
membangun
komitmen
dan
dukungan
stakeholder,
agar dapat
menciptakan
masyarakat
sejahtera
melalui Transformasi
Perpustakaan
Berbasis
Inklusi
Sosial
perlu
diatur
dengan
Peraturan
Bupati;
c. bahwa
berdasarkan pertimbangan
sebagaimana
dimaksud
pada
huruf
a dan huruf
b,
maka
perlu
menetapkan
Peraturan Bupati
Konawe
Selatan
tentang Transformasi
Perpustakaan
Berbasis
Inklusi
Sosial
di
Kabupaten
Konawe
Selatan;
1. Pasal 18 Ayat
6 Undang-Undang
Dasar 1945;
2.
Undang-Undang
Nomor
2A
Tahun
2OO3 tentang
Sistem
Pendidikan
Nasional (Lembaran
Negara Republik Indonesia
Tahun
2OO3 Nomor
78, Tambahan Lembaran
Negara Republik
Indonesia
Nomor a301);
3. Undang-Undang
Nomor 4
Tahun 2OO3 tentang Pembentukan
Kabupaten
Konawe
Selatan di Provinsi Sulawesi Tenggara
(l,embaran
Negara
Republik Indonesia
Tahun
2OO3
Nomor 24, Tambahan
Lembaran Negara
Republik Indonesia Nomor a267);
4. Undang-Undang Nomor
43 Tahun 2OO7 tentang Perpustakaan
(Lembaran
Negara Republik Indonesia Tahun
2OO7
Nomor
l29,Tambahan Lembaran Negara
Republik
Indonesia
Nomor a77fl;
5. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2OO9 tentang Pelayanan
Publik
(Lembaran
Negara
Republik
Indonesia Tahun
2OO9
Nomor 112,
Tambahan Lembaran
Negara
Republik Indonesia Nomor 5038);
6. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2OIl
tentang
Pembentukan
Peraturan
Perundang- Undangan
(Lembaran
Negara Republik
Indonesia Tahun
20ll Nomor 82, Tambahan
Lembaran Negara
Republik Indonesia Nomor 5234)., sebagaimana telah diubah dengan
Undang-Undang
Nomor 15 Tahun 2019 tentang
Perubahan Atas
Undang-Undang Nomor L2 Tahun
2OI1
tentang Pembentukan
Peraturan
Perundang-undangan
(Lembaran
Negara
Republik
Indonesia Tahun
2Ol9
Nomor 183, Tambahan Lembaran
Negara
Republik
Indonesia Nomor
6389) 7.
Undang-Undang
Nomor
23
Tahun
2014 tentang Pemerintah
Daerah
(Lembaran
Lembaran
Negara
Republik Indonesia
Tahun
2014 Nomor
6,Tambahan Lembaran
Negara Republik
Indonesia
Nomor
5a9a\ sebagaimana telah
diubah beberapa
kali
terakhir dengan Undang-Undang Nomor
9 Tahun 2015 tentang
Pemerintah
Daerah
(Lembaran
l,embaran Negara
Republik
Indonesia Tahun
2Ol5
Nomor 58, Tambahan Lembaran Negara
Republik Indonesia
Nomor 5679);
8.
Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2Ol4 tentang Administrasi
Pemerintahan
(Lembaran
Negara Republik Indonesia Tahun
2Ot4
Nomor
292, Tarnbahan Lembaran
Negara Republik
Indonesia
Nomor
5601);
9. Peraturan
Pemerintah Nomor 18 Tahun
2016 tentang
Perangkat
Daerah
(Lembaran
Negara Republik
Indonesia
Tahun
2016
Nomor Il4, Tambahan
Lembaran Negara
Republik
Indonesia
Nomor 5887); Sebagaimana
telah
diubah
dengan
Peraturan
Pemerintah Nomor 72
Tahun
2019 tentang
perubahan
atas
peraturan
Pemerintah
Nomor
18 Tahun
2016
tentang Perangkat
Daerah
(Lembaran
Negara Republik
Indonesia
Tahun
2Ol9 Nomor
187, Tarnbahan
lembaran
Negara Republik
Indonesia
Nomor
6402ll.
1O. Peraturan
Pemerintah
Nomor 12 Tahun
2Ol7 tentang
Pedoman
Pembinaan
dan
Pengawasan
Penyelenggaraan
Pemerintah (Lembaran
Negara
Republik
Indonesia Tahun
2OO5 Nomor
165,
Tambahan
Lembaran Negara Republik
Indonesia
Nomor
a539);
11.
Peraturan
Menteri
Dalam Negeri Nomor
80
Tahun
2015,
tentang Pembentukan
Produk
Hukum Daerah
(Berita
Negara
Republik
Indonesia
Tahun
2075 Nomor 183),
sebagaimana
telah diubah
dengan
Peraturan Menteri Dalam Negeri
Nomor
12O Tahun
2O78 tentang Perubahan Atas Peraturan
Menteri
Dalam
Negeri Nomor
8O
Tahun
2015 tentang Pembentukan
Produk
Hukum
Daerah
(Berita
Negara
Republik Indonesia
Tahun
2Ol8 Nomor
157);
12.
Peraturan
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,
dan Tranmigrasi
Republik
Indonesia Nomor
6
Tahun
2020
tentang Perubahan
atas
Peraturan Menteri
Desa, Pembangunan
Daerah Tertinggal, dan
Transmigrasi Nomor
11
Tahun
2019 tentang
Prioritas Penggunaan
Dana Desa Tahun
2020;
13. Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional
Republik
Indonesia
Nomor
1O Tahun 2016 tentang
Pedoman
Nomenklatur
Dinas
Perpustakaan Daerah
(Berita
Negara Republik Indonesia
Tahun
2OL6 Nomor 1385);
14. Peraturan Daerah
Kabupaten Konawe
Selatan Nomor
8 Tahun
2016
tentang Pembentukan
dan Susunan
Perangkat
Daerah
Kabupaten Konawe Selatan
(Lembaran
Daerah
Kabupaten
Konawe Selatan
Tahun 2016
Nomor 8) sebagaimana
telah
diubah
beberapa
kali terakhir dengan
Peratuiran
Daerah
Kabupaten
Konawe
Selatan Nomor
10 Tahun 2OL9
tentang
Perubahan
Kedua atas
Peraturan Daerah
Kabupaten
Konawe Selatan
Nomor
8 Tahun 2016 tentang
Pembentukan dan
Susunan
Perangkat
Daerah Kabupaten Konawe
Selatan
(Lembaran Daerah
Kabupaten
Konawe Selatan
Tahun 2Ol9
Nomor
10);
15. Peraturan
Bupati Konawe Selatan
Nomor
33
Tahun
2Ol8
tentang Kedudukan
Susunan Organisasi,
T\rgas dan
Fungsi serta
Tata kerja Dinas
Perpustakaan
dan Arsip
Daerah
Kabupaten
Konawe Selatan,
(Berita
Daerah
Kabupaten
Konawe
Selatan
Tahun
2018
Nomor 33).
BAB I
PENDAHULUAN
BAB II
MAKSUD DAN TUJUAN
BAB III
PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN BERBASIS INKLUSI SOSIAL
BAB IV
PEMUBUDAYAAN KECEPATAN MEMBACA
BAB V
PENUTUP
CATATAN:
Peraturan Bupati (PERBUP) ini mulai berlaku pada tanggal 12 Mei 2022.
10 hal
Peraturan Bupati (PERBUP) Kabupaten Kuantan Singingi Nomor 50 Tahun 2022
Peraturan Bupati (PERBUP) tentang Tata Kelola Keamanan Informasi dan Jaring Komunikasi Sandi di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi
ABSTRAK:
bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 8 ayat (1) dan
Pasal 24 ayat (1) Peraturan Badan Siber dan Sandi Negara
Nomor 10 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Persandian
Untuk Pengamanan Informasi di Pemerintah Daerah, perlu
menetapkan Peraturan Bupati tentang Tata Kelola
Keamanan Informasi dan Jaring Komunikasi Sandi di
Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan
Singingi;
Dasar hukum Perbup ini adalah:
1. Pasal 18 ayat (6) Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945;
2. Undang-Undang Nomor 53 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kuantan Singingi dan Kota Batam sebagaimana telah diubah beberapa kali dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2008 tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 53 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kuantan Singingi dan Kota Batam;
3. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik;
4. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik;
5. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2019 Perubahan Ketiga Atas UndangUndang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan;
6. Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;
7. Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan;
8. Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik;
9. Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Spasial;
10. Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik;
11. Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia;
12. Peraturan Kepala Lembaga Sandi Negara Nomor 14 Tahun 2010 tentang Pedoman Gelar Jaring Komunikasi Peralatan Sandi;
13. Peraturan Kepala Lembaga Sandi Negara Nomor 10 Tahun 2012 tentang Pedoman Pengelolaan dan Perlindungan Informasi Berklasifikasi Milik Pemerintah;
14. Peraturan Badan Siber dan Sandi Negara Nomor 10 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Persandian Untuk Pengamanan Informasi di Pemerintah Daerah;
15. Peraturan Kepala Lembaga Sandi Negara Nomor 10 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Sertifikat Elektronik;
16. Peraturan Bupati Kuantan Singingi Nomor 13 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi;
Perbup ini terdiri atas 13 Bab dan 56 Pasal yang mengatur tentang Ketentuan Umum, Maksud dan Tujuan, Tanggung Jawab Pemerintah Daerah, Pengelolaan dan Perlindungan Informasi, Penetapan Pola Hubungan Komunikasi Sandi, Pengelolaan Sumber Daya Persandian, Penyelenggaraan Operasional Dukungan Persandian untuk Pengamanan Informasi, Penggunaan Sertifikat Elektronik, Pengawasan dan Evaluasi, Pelaporan, Pembiayaan, Ketentuan Lain-lain dan Ketentuan Penutup
CATATAN:
Peraturan Bupati (PERBUP) ini mulai berlaku pada tanggal 16 November 2022.
20 Hlm
Peraturan Bupati (PERBUP) Kabupaten Ogan Ilir Nomor 48 Tahun 2022
PELAKSANAAN - PERSANDIAN - PENGAMANAN INFORMASI - PEMERINTAH KABUPATEN OGAN ILIR
2022
Peraturan Bupati (PERBUP) NO. 48, BD.2022/No.48
Peraturan Bupati (PERBUP) tentang Pelaksanaan Persandian Untuk Pengamanan Informasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir
ABSTRAK:
Berdasarkan Bahwa untuk melindungi informasi publik dan infoormasi berklasifikasi perlu dilakukan upaya pengamanan informasi melalui pelaksanaan persandian
Dasar hukum dalam peraturan ini : UU No 37 Tahun 2003;UU No 11 Tahun 2008 sebagaimana telah diubah dengan UU No 19 Tahun 2016;UU No 23 Tahun 2014 sebagaimana telah bearapa kali diubah terakhir dengan UU No 1 Tahun 2022;Perpres No 95 Tahun 2018;Peraturan badan siber dan sandi negara No 8 Tahun 2020;Peraturan badan siber dan sandi negara No 10 Tahun 2020;Perda No 12 Tahun 2016 sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Perda No 1 Tahun 2021;
Dalam peraturan ini diatur mengenai Pelaksanaan persandian untuk pengamaan informasi di lingkungan pemerintahan kabupaten Ogan Ilir,ketentuan umum,ruang lingkup,organisasi sumber daya menusia sarana dan prasarana,pembiayaan,ketentuan dan penutup
CATATAN:
Peraturan Bupati (PERBUP) ini mulai berlaku pada tanggal 28 April 2022.
19 Hlm
Peraturan Bupati (PERBUP) Kabupaten Bengkalis Nomor 47 Tahun 2022
Peraturan Bupati (PERBUP) tentang Jaminan Bongkar Dalam Penyelenggaraan Reklame di Kabupaten Bengkalis
ABSTRAK:
Bahwa dalam rangka meningkatkan ketertiban dalam penyelenggaraan reklame, diperlukan pengaturan jaminan bongkar.
Dasar Hukum Perbup ini adalah; Pasal 18 ayat (6) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1956 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2022; Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020; Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022; Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2016; Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019; Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021; Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2021; Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020; Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis Nomor 11 Tahun 2011 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis Nomor 01 Tahun 2018; Peraturan Bupati Bengkalis Nomor 16 Tahun 2012 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Bupati Bengkalis Nomor 34 Tahun 2021;
Dalam Peraturan ini berisi 5 (lima) bab dan 9 (sembilan) pasal, diantaranya membahas tentang; Ketentuan Umum; Penyelenggaraan Reklame; Jaminan Bongkar; Pelaporan Jaminan Bongkar; Ketentuan Penutup.
CATATAN:
Peraturan Bupati (PERBUP) ini mulai berlaku pada tanggal 16 Agustus 2022.
Lamp III
Peraturan Bupati (PERBUP) Kabupaten Batang Nomor 46 Tahun 2022
Peraturan Bupati (PERBUP) tentang Digitalisasi Dashboard Analytics Data dan Informasi Pemerintah Daerah
ABSTRAK:
bahwa Pemerintah Daerah menyediakan informasi Pemerintahan Daerah yang dikelola dalam sistem informasi Pemerintah Daerah agar mudah diakses oleh pemangku kepentingan dan masyarakat; bahwa dalam rangka optimalisasi penggunaan data diperlukan sumber data terpadu, terintegrasi dan terkini yang digunakan oleh pemerintah dan para pemangku kepentingan dalam menyusun perencanaan di daerah, perlu digitalisasi dan integrasi data dan informasi pemerintah; bahwa untuk menjamin kepastian hukum penyelenggaraan digitalisasi Dashboard Analytics data dan informasi pemerintah daerah, perlu menyusun kebijakan tentang digitalisasi Dashboard Analytics data dan informasi pemerintah daerah; bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, huruf b, dan huruf c, perlu menetapkan Peraturan Bupati tentang Digitalisasi Dashboard Analytics Data dan Informasi Pemerintah Daerah;
Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1950; Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014; Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009; Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 1988;
Peraturan Bupati ini mengatur tentang penyelenggaraan, jenis dan sumber data, tahapan dan pengelolaan data, pemanfaatan data, penyimpanan dan pemusnahan data, sumber daya manusia, sinergi, pembinaan dan pengawasan, monitoring dan evaluasi dan pembiayaannya.
CATATAN:
Peraturan Bupati (PERBUP) ini mulai berlaku pada tanggal 23 November 2022.
10 hlm
TENTANG DATABASE PERATURAN
Database Peraturan BPK merupakan bagian dari pelaksanaan JDIH di lingkungan BPK untuk menyebarluaskan informasi peraturan perundang-undangan dan dokumen hukum secara mudah, cepat, dan akurat kepada para pengguna baik kalangan internal BPK maupun masyarakat