pengaduan pelayanan publik
2023
Peraturan Walikota (PERWALI) NO. 5, BD.2023/NO.5
Peraturan Walikota (PERWALI) tentang Pedoman Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik
ABSTRAK: |
- bahwa sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas
pelayanan publik sesuai dengan asas-asas umum
pemerintahan dan untuk memberi perlindungan bagi setiap
warga negara dari penyalahgunaan wewenang
penyelenggaraan pelayanan publik, diperlukan pengelolaan
pengaduan pelayanan publik dan pengaturan hukum yang
mengaturnya; bahwa dengan ditetapkannya Peraturan Menteri
Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Nomor 46 Tahun 2020 tentang Road Map Pengembangan
Sistem Pelayanan Pengaduan Publik Nasional Tahun 2020-2024,
maka dipandang perlu meninjau kembali Peraturan Wali Kota
Semarang Nomor 34 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan
Pengaduan Masyarakat tentang Pelayanan Publik; bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud
pada huruf a dan huruf b, maka perlu membentuk Peraturan
Wali Kota Semarang tentang Pedoman Pengelolaan
Pengaduan Pelayanan Publik;
- Undang- Undang Nomor 16 Tahun 1950; Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999; Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008; Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009; Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011; Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014; Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014; Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 1976; Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 1992; Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012; Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016; Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017; Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013; Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2014; Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 11 Tahun 2016; Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 14 Tahun 2016; Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 46 Tahun 2020; Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 62 tahun 2018; Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor Per/05/M.PAN/4/2009;
- Di dalam Peraturan Walikota ini diatur tentang:
Bab I Ketentuan Umum
Bab II Kanal Pengaduan Pelayanan Publik
Bab III Mekanisme Pengaduan Pelayanan Publik
Bab IV Pengelola Pengaduan
Bab V Pembiayaan
Bab VI Ketentuan Penutup
|
CATATAN: |
- Peraturan Walikota (PERWALI) ini mulai berlaku pada tanggal 07 Februari 2023.
- Peraturan Wali Kota Semarang Nomor 34 Tahun 2017 dicabut.
- 13 hlm
|