Glosarium Peraturan

No Istilah Definisi
1 tacit 1. tindakan berdasarkan hukum, bukan kontrak atau perjanjian; 2. sudah dianggap mengerti, meskipun diam.
2 tacit admissions pernyataan setuju atau tidak setuju.
3 tacit law peraturan tanpa lewat parlemen.
4 tacita reconductio perpanjangan kontrak secara diam-diam.
5 tacitus consensus persetujuan bersama secara diam-diam.
6 tahun anggaran masa satu tahun mulai dari tanggal 1 Januari sampai dengan tahun yang berjalan.
7 tahun buku jangka waktu selama 12 bulan berturut-turut sebagai dasar penyelenggaraan dan penutupan buku, untuk menetapkan hasil usaha, keadaan keuangan, rencana kerja dan anggaran.
8 taksir – penaksir/adjuster ahli dalam asuransi yang menilai dan membereskan tuntutan kerugian; kaitannya dengan pembekuan kegiatan bank, pemberes adalah pihak yang ditunjuk untuk menyelesaikan segala hal yang berkaitan dengan penyelesaian hak dan kewajiban dan bank.
9 tanggal mundur/post dated tanggal pada cek atau tanggal pada alat pembayaran yang dapat diperjualbelikan, yang baru dapat dibayar pada waktu yang akan datang; cek yang ditulis dengan tanggal kemudian baru dapat dibayar sejak tanggal yang tertera pada cek tersebut; akseptasi bank dan wesel berjangka merupakan instrumen yang bertanggal mundur.
10 tanggung – penanggung/insurers pihak yang telah memiliki izin formal untuk melakukan kegiatan usaha yang berkaitan dengan pengambilalihan risiko pihak lain berdasarkan suatu polis; atas pertanggungan ini, penanggung risiko menerima premi dari pihak lain selaku tertanggung; lazimnya, penanggung adalah perusahaan asuransi.
11 tanggung jawab keuangan negara kewajiban pemerintah dan lembaga negara lainnya untuk melaksanakan pengelolaan keuangan negara secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, dan transparan dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan.
12 tanggung renteng/joint and several liability tanggung jawab para debitur baik bersama-sama, perseorangan, maupun khusus salah seorang diantara mereka untuk menanggung pembayaran seluruh utang; pembayaran salah seorang debitur mengakibatkan debitur yang lain terbebas dari kewajiban membayar utang.
13 tangible benda konkret.
14 tanpa gap/zero gap keadaan dalam periode tertentu dengan kondisi tingkat bunga penanaman bank dalam aktiva produktif (aset) sama dengan tingkat bunga utang (liabilities).
15 tanpa tanggung renteng/without recourse risiko tidak terbayarnya suatu promes atau instrumen dagang lain oleh pembeli (orang yang menerbitkan promes tersebut); secara hukum, pengendos (yang membubuhkan tanda tangan atas cek/draft/promes) diminta bertanggung jawab terhadap pembayaran instrumen tersebut kepada pemegang surat berharga apabila penerbit instrumen tersebut tidak mampu untuk membayar (wanprestasi), hal ini dapat dilakukan jika dalam endosemen tersebut terdapat klausul berisi kata “tanpa tanggung renteng”.
16 tax court pengadilan urusan pajak.
17 tax court practice berkas-berkas dalam kantor pengadilan perpajakan.
18 tax deed pembeslahan harta oleh pemerintah untuk pelunasan pajak.
19 tax evasion menyingkir untuk menghindari pajak.
20 tax laws undang-undang perpajakan.
21 tax lien pajak kekayaan.
22 taxation metode perpajakan.
23 temuan pemeriksaan (TP) 1. himpunan dan sintetis dari data dan informasi yang dikumpulkan dan diolah selama dilakukan pemeriksaan pada entitas tertentu dan disajikan sescara sistematis dan analistis meliputu unsur kondisi, kriteria, akibat, dan sebab; 2. indikasi permasalahan yang ditemui di dalam pemeriksaan lapangan.
24 tenan/tenant 1. pemilik atau pengguna atau penyewa properti atau realestate; 2. pemilik sebagian dari suatu jenis surat berharga; 3. penyewa harta tetap dengan surat kontrak.
25 tender harga yang ditawarkan kepada calon pembeli atau pengguna jasa.
26 tenor/tenggang pembayaran masa antara tanggal penerbitan atau akseptasi surat berharga dan tanggal jatuh temponya.
27 tenure 1. masa jabatan; 2. masa penyewaan.
28 term 1. jangka waktu yang diberikan; 2. persyaratan; 3. kelonggaran.
29 term of court jadwal sidang pengadilan. jika sidang diawali pada bulan November disebut: November Term.
30 termination/berakhir/selesai dalam hukum perusahaan istilah ini dipakai untuk menunjukkan bahwa suatu perseroan bubar karena masa berdirinya telah terlewati atau tercapai.